«

»

Print this Post

Penemuan Terbaru Hewan Aneh Di Dunia

Hewan Aneh

Hylarana Rawa

Penemuan Terbaru Hewan Aneh Di Dunia

AdaApanya.Com – Hewan Aneh yang satu ini baru ditemukan di Indonesia, yaitu berupa katak yang biasa hidup di rawa, hal ini menandakan bahwa Indonesia kaya akan beragam jenis amfibi. Walaupun negeri kita kaya akan hewan ini, tapi ini bukan seperti katak kebanyakan, spesies katak ini baru ditemukan. Sesuai dengan habitat asalnya, Katak yang ditemukan ini diberi nama Hylarana rawa.

Peneliti dan teknisi herpetologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Ir Mumpuni dan Mulyadi, berhasil mengambil satu spesimen katak yang kemudian diberi nama sebagai Hylarana rawa ini.


Hanya satu ekor jumlah spesies yang baru ditemukan ini. Dan kemudian dibawa ke Museum Zoologi yang berada di Bogor. Identifikasi morfologi saat itu hanya berhasil mengidentifikasi hingga tingkat genus, yakni Rana. Sedangkan identifikasi secara molekul pada spesimen baru dilakukan Amir Hamidy dari Museum Zoologi Bogor bersama pembimbing S-3-nya yaitu Masafumi Matsui, di Kyoto University pada tahun 2012.  Peneliti juga membandingkan spesimen dengan tiga jenis katak segenus lain, Hylarana baramica, Hylarana laterimaculata, dan Hylarana glandulosa. Ciri-ciri yang membedakan jenis-jenis tersebut diidentifikasi.

Amir menjelaskan bahwa dia dan para peneliti  berhasil mengidentifikasi salah satu karakter seks sekunder. Ciri yang sangat tampak berbeda bila dibandingkan dengan katak lainnya yaitu Hylarana rawa memiliki humeral gland (kelenjar di lengan atas) yang sangat besar dibandingkan dengan ukuran badannya.  Sehingga secara awam kita dapat dengan mudah mengetahui  katak spesies baru ini dari melihat ukuran lengan katak. Karena kelenjar tersebut membuat lengan katak terkesan kekar, berbeda dengan katak jenis lain.

Selain karakteristik itu, Amir juga menambahkan bahwa tak seperti katak jenis lain, Hylarana rawa memiliki selaput kaki yang minimal. Hingga saat ini, pencarian spesies baru itu masih dilakukan, karena para peneliti ingin mengetahui informasi biologi seperti populasi dan status konservasinya belum diketahui. Jangan sampai penemuan kali ini menjadi yang terakhir ditemukannya Hylarana rawa. Kekhawatiran ini cukup beralasan karena amfibi merupakan hewan yang terkenal sangat rentan dengan perubahan lingkungan, termasuk pemanasan global.

Apakah penemuan ini merupakan penemuan yang terakhir? Atau masih adakah penemuan-penemuan baru yang menggemparkan lagi? Dan menurut Anda, setujukah anda jika kemunculan hewan-hewan spesies baru dan seringkali berbentuk aneh ini dikaitkan dengan tanda-tanda datangnya hari Kiamat?

Baca Juga :

Leave a Reply